Keberadaaan suatu laboratorium adalah untuk menunjang pembelajaran, demikian pula keberadaan Laboratorium Simulasi dan Aplikasi Industri yang berdiri pada 2008. Pada tahun 2008 belum terdapat kegiatan praktikum ataupun tugas besar di Laboratorium Simulasi dan Aplikasi Industi. Kemudian pada tahun 2011, Praktikum Simulasi dilaksanakan sebagaimana pelaksanaan tugas besar sebab belum memiliki asisten dan hanya dikelola oleh 1 orang Kepala Laboratorium, yakni Bapak Arif Rahman, ST., MT. Karena adanya keterbatasan sumber daya di Program Studi Teknik Industri pada saat itu. Bapak Arif Rahman, ST., MT. tidak hanya mengelola Laboratorium Simulasi dan Aplikasi Industri tetapi juga mengelola beberapa laboratorium lain yang berada di program studi Teknik Industri. Keberadaan Laboratorium Simulasi dan Aplikasi Industri diperkuat dengan adanya SK (Surat Keputusan) No. 044/J.10.1.31/SK/2008

Seiring berjalannya waktu, jumlah dosen yang berada di Program Studi Teknik Industri semakin bertambah, sehingga dilakukan pemerataan sumber daya. Salah satunya adalah melalui penugasan dosen-dosen untuk menjadi Kepala Laboratorium. Begitupula yang terjadi pada Laboratorium Simulasi dan Aplikasi Industri, pada tahun 2011 ditunjuklah Ibu Rahmi Yuniarti, ST., MT. untuk menggantikan Bapak Arif Rahman, ST., MT.

Rahmi

Rahmi Yuniarti, ST., MT. (Periode 2011-2012)

Pada periode kepengurusan Ibu Rahmi Yuniarti, ST., MT. Laboratorium Simulasi dan Aplikasi Industri mulai memiliki asisten. Setelah menjalani serangkaian tahapan open recruitment, terpilihlah lima orang asisten sebagai asisten generasi pertama di Laboratorium Teknik Industri. Setelah adanya asisten tersebut, pelaksanaan praktikum dijalankan oleh asisten dengan pantauan dari Kepala Laboratorium. Selain memiliki sumberdaya asisten, Laboratorium Simulasi dan Aplikasi Industri juga menempati satu ruangan di Teknik Industri meskipun masih menjadi satu dengan Laboratorium Komputer. Meskipun berada dalam satu ruangan dengan Laboratorium Komputer, Laboratorium Simulasi dan Aplikasi Industri memiliki struktur organisasi, program kerja dan sumber daya yang berbeda dengan Laboratorium Komputer. Pada tahun 2012 kepengurusan Ibu Rahmi Yuniarti, ST., MT. Sebagai Kepala Laboratorium digantikan oleh Ibu Ratih Ardia Sari, ST., MT.

Ratih

Ratih Ardia Sari, ST., MT. (Periode 2012-2013)

Di bawah kepengurusan tersebut dilakukan open recruitment asisten sebanyak dua kali. Pada tahun 2014 turunlah SK yang lebih memperkuat adanya Laboratorium Simulasi dan Aplikasi Industri ini dengan SK (Surat Keputusan) No.036/UN.10.6/SK/2014 dari dekan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya bersamaan dengan adanya pergantian Kepala Laboratorium. Semenjak pergantian Kalab tersebut, Ibu Yeni Sumantri, ST., MT. PhD. Masih menjadi Kepala Laboratorium hingga saat ini.

Yeni Sumantri Fakultas Teknik

Yeni Sumantri, S.Si., MT., Ph.D.(Periode 2014 – 2016)

Pada tahun 2016, kepengurusan Laboratorium Simulasi dan Aplikasi Industri kembali dikepalai oleh Ibu Rahmi Yuniarti, ST., MT. Namun, kali ini laboratorium memiliki 8 asisten yang berasal dari mahasiswa angkatan 2013 yang terpilih dalam 1 kali open recruitment. Pada periode ini, Laboratorium Simulasi dan Aplikasi Industri mencoba untuk lebih jauh terlibat dalam penelitian dan pengabidan masyarakat terutama dalam bidang ilmu Simulasi.Rahmi

Rahmi Yuniarti, ST., MT. (Periode 2016-Sekarang)